Tujuan penggunaan segmentasi pasar adalah untuk memungkinkan satu pemasar merancang bauran pemasaran yang lebih tepat dalam menjawab kebutuhan para konsumen di segmen pasar tertentu. Satu segmen pasar terdiri dari individu, kelompok, atau organisasi dengan satu atau lebih karakteristik serupa.
Pemasar menggunakan segmentasi untuk meraih pasar dapat memilih satu atau beberapa metode, dan dapat dikelompokan menjadi empat kategori: demogafi, geografi, behavioristis, dan psikografis
A. Segmentasi Demografis
Melibatkan pembagian pasar berdasarkan variabel-variabel demografis seperti usia, seks, ukuran keluaga, tahap siklus hidup keluarga, pendapatan, pekerjaan, agama, ras, dan kebangsaan. Bersandarnya para pemasar terhadap karakteristik demografis ini karena mereka sering kali terkait erat dengan kebutuhan dan perilaku pembeli para konsumen serta dapat langsung diukur.
a) Perusahaan Jasa
disetiap halte bus transjakarta kini memasang pengumuman disetiap pintu masuk bus, yaitu pintu untuk penumpang pria masuk dibagian blakang dan wanita dibagian depan, ini dimaksudkan untuk mengurangi niat jelek para penumpang iseng yang sering melakukan pelecehan seksual di dalam bus transjakarta
b) Perusahaan Dagang
PT KFC membuat terobosan dengan mengkhususkan beberapa jenis produknya berharga lima ribu rupiah, sasaran pemasaran ini adalah memusatkan perhatian untuk konsumen menengah kebawah
c) Perusahaan Manufaktur
http://zumri-policeline.blogspot.com/2010/03/segmentasi-pasar.html
dengan pengubahan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar